Biografi KH. Asror Ridwan

Biografi KH. Asror Ridwan

 

Biografi KH. Asror Ridwan

Pada sekitaran lebih kurang tahun 1910-an lahirlah seorang bayi yang namanya Asror (KH. Asror) di Daerah Kauman, yakni Daerah yang berada disekitaran lingkungan Mushola sebagai kebanggaan dan pusat peningkatan beberapa ilmu agama sejak dahulu sampai saat ini oleh warga dan santri Kaliwungu dan sekelilingnya, yakni Mushola Besar Al-Muttaqin. Ayah beliau namanya KH. Ridwan yang turunan Ki Ageng Tarub ataupun lebih dikenali dengan panggilan Joko Tarub. KH. Ridwan ialah figur yang rajin dan istiqomah saat membaca Al-Qur'an, walau KH. Ridwan tidak ingat Al-Qur'an atau bahkan juga sudo rungu, tetapi KH. Ridwan bisa memerhatikan dan koreksi seorang yang mengaji.

Di saat kecil, KH. Asror dididik oleh ayahnya sendiri, sesudah bergerak dewasa, pemuda KH. Asror mengaji atau berguru ke ulama Kaliwungu yang masih famili dengan ayah dan ibunya. Antara Guru-gurunya ialah KH. Ahmad Ru'yat (saudara ponakan), KH. Ahmad Badawi (kakak ipar) dan ada banyak kembali ulama yang lain mendidik beliau.

Pada periode menuntut pengetahuan, KH. Asror dikenali telaten dan disiplin hingga meskipun beliau benar-benar lama menuntut Pengetahuan di wilayahnya sendiri, tetapi karena kesabarannya, beliau dapat kuasai Beberapa ilmu yang didapat dari guru-gurunya. Salah satunya ialah beliau ingat Al-Qur'an, ingat Qira'ah Sab'ah, ingat kitab Tafsiran Jalalain, ingat kitab Fathul Mu'in dan kuasai beberapa ilmu syari'ah yang lain. Meskipun beliau kuasai banyak pengetahuan, tetapi beliau dikenali warga sebagai seorang Kyai yang tawadhu', sopan dan loman (pemurah hati). Hingga banyak warga yang ta'dhim ke beliau, hingga konon, jika ada seorang yang bersepeda melalui di muka tempat tinggalnya, sepeda itu dibantu sebagai penghormatan ke beliau.

Di suatu hari, beliau diundang oleh KH. Ahmad Ru'yat yang tidak lain ialah guru sekalian saudara ponakan beliau. Beliau disuruh oleh KH. Ahmad Ru'yat untuk mengajarkan/mulang warga tiap pagi hari (ba'da subuh), supaya warga tidak buta akan beberapa ilmu agama terutamanya tuntunan Al-Qur'an. Dengan keta'dhiman dan keikhlasan, beliau bersedia keinginan gurunya itu. Pengajian yang diberikan beliau ialah kitab Tafsiran Jalalain, tapi saat sebelum beliau mengawali mengajarkan, lebih dulu beliau membaca Al-Qur'an bil ghaib sekadar beberapa ayat dan dibaca oleh warga yang mengaji. Beberapa ratus orang tiap pagi bersama-sama mengaji ke beliau, kemungkinan karena beliau sebagai salah seorang santri kecintaan KH. Ahmad Ru'yat, mungkin saja karena kealiman beliau yang kuasai beragam sektor Pengetahuan Agama (Ulumulqur'an dan Ulumussyari'ah) dan mungkin saja karena ketawadhu'an, kelomanan dan kesantunan beliau ke tiap orang. Allahu A'lam

Pengajian Tafsiran Jalalain ini berada dalam suatu Majlis Ta'lim samping rumah beliau atau persisnya di samping utara Mushola Besar Al-Muttaqin Kauman Kaliwungu Kendal. Selain itu, KH. Asror mengajarkan beberapa santri di Ponpes-nya sendiri (PPTQ Al-Asror) dan di Pondok pesantren APIK Kauman yang disebut warisan famili Ayah beliau yakni KH. Abdurrasyid bin Musa (kakak KH. Ridwan) dan KH. Irfan bin Musa (kakak KH. Ridwan). Ini ialah bukti dedikasi beliau ke beberapa santri dan warga dan usaha beliau mensyi'arkan pengetahuan dan syari'at Islam ke semua santri dan warga. Beliau dipercayai jadi Imam Shalat Tarawih di Mushola Besar Al-Muttaqin Kaliwungu.

Antara siswa/santri beliau banyak sebagai figur/ulama di wilayahnya, salah satunya ialah KH. Dachlan Salim Zarkasyi Semarang yang disebut pelopor/penemu Sistem Qira'ati dan konon, sistem ini sebagai sistem membaca Al-Qur'an yang pertama kalinya berada di Indonesia. Dan ada banyak kembali santri/siswa beliau lainnya sebagai ulama/figur warga.

Di hari Selasa lebih kurang jam 05.30 WIB tanggal 16 Juni 1987 M atau bersamaan dengan tanggal 19 Syawal 1407 H beliau diundang oleh Allah swt untuk selamanya. Beberapa ribu orang mengantar keperginya mayat beliau, mengantar seorang ulama yang dihormati penduduknya karena ketawadhu'an, kedermawanan dan kesantunannya. Beliau disemayamkan dari sisi pusara ayah dan familinya, seperti KH. Irfan dan KH. Humaidullah Irfan.

Antara jasa dan warisan beliau yang lestari dan dilanjutkan ialah PPTQ Al-Asror dan Pengajian Tafsiran Jalalain yang saat ini diasuh oleh putra beliau yakni, KH. Nidhomuddin Asror. peningkatan Pondok pesantren APIK Kauman dan pendirian Pondok pesantren ARIS yang tidak terlepas dari jasa beliau dan ulama yang lain masih famili beliau, salah satunya KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan dan KH. Ahmad Dum Irfan atas gagasan dan perintah langsung KH. Ahmad Ru'yat yang sebagai saudara ponakan beliau.

Semoga, amal beribadah, jasa dan dedikasi beliau ke beberapa santri dan warga Kaliwungu diterima oleh Allah swt. dan memperoleh balasan pahala yang berlipat-lipat dari Rabb Yang Maha segala hal, Allah SWT. Amin Ya Mujibassailin…

Posting Komentar

0 Komentar

To Top