Hadits Tentang Kematian Yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Hadits Tentang Kematian Yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Meski begitu, tidak ada manusia yang mengetahui kapan hari kematiannya, karena kematian adalah rahasia Allah SWT. Adapun hadits tentang kematian yaitu seperti berikut ini.

Hadits Tentang Kematian Yang Perlu Diketahui Umat Muslim
 

Semua muslim, pastinya menginginkan meninggal dunia dalam kondisi husnul khatimah. Oleh karena itu untuk bisa mewujudkannya, hendaknya setiap Muslim memperbanyak ibadah dan melakukan amalan-amalan baik semasa hidup di dunia.

Bahkan, Rasulullah SAW memerintahkan kepada umatnya agar selalu ingat akan kematian. Dengan ingat kematian, maka akan membuat Muslim memiliki sikap zuhud dan menghindari keburukan atau hal-hal yang dilarang Allah SWT.

Mengenai mengingat kematian, dijelaskan juga dalam sejumlah hadist yang dilansir dari berbagai sumber seperti berikut ini.

Berikut Hadits Tentang Kematian

1. Hadits selalu berbaik sangka kepada Allah

Rasulullah SAW bersabda bahwa sebelum kita meninggal dunia, hendaknya kita selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Sabda Rasulullah SAW tersebut tertuang dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim seperti berikut ini.

Dari Jabir Radhiyallahu Anhu berkata: Aku mendengar Nabi Shalla Allahu Alaihi Wa Salam bersabda tiga hari sebelum beliau wafat: “Jangalah salah seorang dari kalian meninggal dunia kecuali ia berbaik sangka kepada Allah."

2. Hadits anjuran selalu mengingat kematian

Rasulullah SAW juga menyampaikan agar kita kita selalu mengingat kematian. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi seperti berikut ini.

Dari Abu Hurairah RA, berkata: Rasulullah SAW bersabda : “Perbanyaklah kalian mengingat kepada sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu maut.”

Ada juga hadits lainnya yang menyebutkan betap pentingnya mengingat kematian. Adapun hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang bunyinya sebegai betrikut.

"Orang yang pandai adalah orang yang mampu mengevaluasi dirinya dan beramal (mencurahkan semua potensi) untuk kepentingan (kehidupan) setelah kematian."

Imam Baihaqi jug meriwayatkan mengenai hadits kematian. Adapun bunyi hadits tersebut yaitu sepertu berikut ini.

Jika ada orang yang meninggal dunia maka malaikat berkata apa yang telah lalu (amal), sedangkan manusia membicarakan apa yang ia tinggalkan (warisan).”

Demikianlah informasi hadits tentang kematian yang perlu kamu ketahui. Mari perbanyak ibadah dan melakukan amal baik agat kelak saat kita meninggal dunia terhindari dari panasnya api neraka.

Posting Komentar

0 Komentar

To Top